RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Nama Sekolah :
SMK NUR AZIZI
Mata Pelajaran :
Administrasi Pajak
Kelas/ Semester : XI/I
Materi Pokok :Jenis
- Jenis Pajak
Alokasi
Waktu : 2x45 Menit
A. Kompetensi
Inti
KI
1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2: Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI3: Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4: mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri
karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola
administrasi keuangan entitas.
1.2 Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan
dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,
relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
3.1 Menjelaskan definisi,
fungsi, hukum, penggolongan, dan tatacara
pemungutan pajak serta pungutan lain selainpajak.
4.1 Mengidentifikasi jenis-jenis pajak
dan pungutan lain selain pajak.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran jenis-jenis pajak.
2.
Bekerja
sama dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan
jenis-jenis pajak.
5.
Menjelaskan pungutan lain selain pajak
6.
Mampu menyebutkan jenis pajak berdasarkan dokumen yang
ada
C. TujuanPembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran jenis-jenis pajak
diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat
1.
Menjelaskanjenis-jenis
pajak .
2.
Menjelaskan pungutan lain selain pajak
3.
Dengan menggunakan dokumen-dokumen pajak yang ada,siswa
dapat menyebutkan dokumen tersebut termasuk jenis pajak dengan benar dan tepat
D.
Materi
pokok
Jenis-jenis
pajak
Jenis-jenis pajak dibagi atas:
a.
Menurut golongannya terdiri dari:
-
pajaklangsung
Pajak yang dalam
pengertian ekonomis bebannya harus di pikul sendiri oleh wajib pajak yang
bersangkutan, tidak boleh dilimpahkan kepada orang lain
-
pajak tidak langsung
pajak yang bebannya dapat dilimpahkan atau digeser kepada
yang lain yang menanggung beban pajaktidak langsung pada akhirnya adalah pihak
ketiga atau konsumen.
b.
Menurut sifatnya
-
Pajak yang bersifat perorangan atau pajak subyektif
Pajak yang dalam pemungutannya yang pertama-tama melihat
keadaan pembayaran obyeknya
-
Pajak yang bersifat kebendaan atau pajak obyektif
Pajak-pajak yang dalam pemungutannya pertama-tama melihat
obyeknya,baik berupa benda, keadaan,perbuatan,dan peristiwa yang menyebabkan timbulnya
kewajiban membayar pajak, setelah diketemukan obyeknya baru di cari subyeknya
yang bersangkutan
c.
Menurut lembaga pemungutan
-
Pajak Negara, pajak-pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat yang
penyelenggarannya dilaksanakan oleh departemen keuangan dan hasilnya digunakan
untuk pembiayaan rumah tangga negara pada umumnya
-
Pajak daerah
Pajak-pajak yang dipungut oleh daerah-daerah seperti,
propinsi,kabupaten,maupun kotamadya berdasarkan peraturan daerah masing-masing
Pungutan lain
selain pajak
·
Restribusi
Restribusi ada hubungan antara pembayaran pembayaran
dengan prestasi secara langsung
E.
Metode
Pembelajaran
Strategi pembelajaran : problem based learning
Pendekatan : Scientific
Learning,discovery learning
Metode : Tanya jawab,
diskusi, penemuan terbimbing dan
pemecahan masalah
F.
Media,
alat dan sumber pembelajaran
1.
Media
: dokumen pajak
2.
Alat/Bahan :
infocus,laptop
3.
SumberBelajar
:Syarif Agus, perpajakan Bisnis dan Manajemen
untuk kelas XI AK,Yudistira,bandung
G. Langkah-LangkahPembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
·
Memeriksa kehadiran siswa
·
Menyampaikan tujuan
·
Menyampaikan metode
·
Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk
mengarahkan siswa kemateri jenis pajak
Membentuk kelompok siswa yang
heterogen (dengan menerapkan prinsip tidak membedakan kemampuan
berfikir, jeniskelamin, agama, suku, dan lain-lain)
|
10’
|
2
|
Inti
|
Mengamati
Membaca, mengenai jenis-jenis pajak.
memperhatikan demo.
Menanya
Membuatpertanyaanmengenai jenis-jenis pajak
Mengeksplorasi
Menentukan jenis pajak
berdasarkan dokumen yang ada
Mengasosiasi
Menganalisis dokumen pajak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai dokumen pajak yang ada
Mengomunikasikan
Menyampaikan jenis-jenis pajak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
70’
|
3
|
Penutup
|
Membuat refleksi
Menyimpulkan materi.
Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya.
|
10’
|
A.
Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran konsep nilai mutlak
b.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
Menjelaskan kembali konsep
pola barisan aritmatika
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
Terampil
dalam menganalisis setiap pajak kedalam jenisnya masing-masing dengan benar
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
H. Instrumen Penilaian :
No
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Pedoman penskoran
|
1
|
Jelaskan perbedaan antara pajak
pusat dengan pajak daerah?
|
Pajak pusat dipungut oleh
pemerintah pusat dan hasilnya digunakan untuk pembiayaan rumah tangga negara
pada umumnya sedangkan pajak daerah dipungut oleh daerah-daerah dan hasilya digunakan
masing-masing daerah.
|
|
2
|
Jelaskan yang dimaksud dengan
pajak langsung?
|
Pajak yang harus dipikul
sendiri oleh wajib pajak dan tidak
dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain.
|
|
|
Skor maksimum
|
|
30
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Matapelajaran : Administrasi
Pajak
Kelas/Semester : XI
/ Satu
MateriPokok : Jenis-jenis
pajak
WaktuPengamatan :
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran
Pola baris aritmatika
1. Kurang
baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil
bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil
bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerja sama dalam kegiatan
kelompok.
1.Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha
untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk
bekerjasamada lamkegiatankelompoktetapimasihbelumajeg/konsisten.
3. Sangatbaikjikamenunjukkanadanyausahabekerjasamadalamkegiatankelompoksecaraterusmenerusdanajeg/konsisten.
Indikatorsikaptoleranterhadap proses
pemecahanmasalah yang berbedadankreatif.
1. Kurangbaikjikasamasekalitidakbersikaptoleranterhadap
proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatif.
2. Baikjikamenunjukkansudahadausahauntukbersikaptoleranterhadap
proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatiftetapimasuihbelumajeg/konsisten.
3. Sangatbaikjikamenunjukkansudahadausahauntukbersikaptoleranterhadap
proses pemecahanmasalah yang
berbedadankreatifsecaraterusmenerusdanajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan
Keterangan:
KB : Kurangbaik
B : Baik
SB : Sangatbaik
Mengetahui Medan, Juli 2014
Kepala
SMK NUR AZIZI Guru Mata Pelajaran Akuntansi
RITA
ANDRIANI SITORUS,SOS Sriani
purwaningsih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar