Rabu, 01 Oktober 2014



RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN

Nama Sekolah       : SMK NUR AZIZI

Mata Pelajaran      : Administrasi Pajak

Kelas/ Semester     : XI/I

Materi Pokok        :Jenis - Jenis Pajak

Alokasi Waktu      : 2x45 Menit

A.    Kompetensi Inti

           KI 1:Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
           KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3:         Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan rasa      prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4:       mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1  Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2  Mengamalkan  ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
3.1  Menjelaskan definisi, fungsi,  hukum, penggolongan, dan tatacara pemungutan pajak serta pungutan lain selainpajak.
4.1  Mengidentifikasi jenis-jenis pajak dan pungutan lain selain pajak.



Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran jenis-jenis pajak.
2.    Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
3.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.    Menjelaskan jenis-jenis pajak.
5.    Menjelaskan pungutan lain selain pajak
6.    Mampu menyebutkan jenis pajak berdasarkan dokumen yang ada


C.    TujuanPembelajaran


Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran jenis-jenis pajak diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.    Menjelaskanjenis-jenis pajak .
2.    Menjelaskan pungutan lain selain pajak
3.    Dengan menggunakan dokumen-dokumen pajak yang ada,siswa dapat menyebutkan dokumen tersebut termasuk jenis pajak dengan benar dan tepat

D.    Materi pokok
Jenis-jenis pajak
       Jenis-jenis pajak dibagi atas:
a.       Menurut golongannya terdiri dari:
-          pajaklangsung
            Pajak yang dalam pengertian ekonomis bebannya harus di pikul sendiri oleh wajib pajak yang bersangkutan, tidak boleh dilimpahkan kepada orang lain
-          pajak tidak langsung
pajak yang bebannya dapat dilimpahkan atau digeser kepada yang lain yang menanggung beban pajaktidak langsung pada akhirnya adalah pihak ketiga atau konsumen.
b.      Menurut sifatnya
-          Pajak yang bersifat perorangan atau pajak subyektif
Pajak yang dalam pemungutannya yang pertama-tama melihat keadaan pembayaran obyeknya
-          Pajak yang bersifat kebendaan atau pajak obyektif
Pajak-pajak yang dalam pemungutannya pertama-tama melihat obyeknya,baik berupa benda, keadaan,perbuatan,dan peristiwa yang menyebabkan timbulnya kewajiban membayar pajak, setelah diketemukan obyeknya baru di cari subyeknya yang bersangkutan
c.       Menurut lembaga pemungutan
-          Pajak Negara, pajak-pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat yang penyelenggarannya dilaksanakan oleh departemen keuangan dan hasilnya digunakan untuk pembiayaan rumah tangga negara pada umumnya


-          Pajak daerah
Pajak-pajak yang dipungut oleh daerah-daerah seperti, propinsi,kabupaten,maupun kotamadya berdasarkan peraturan daerah masing-masing
Pungutan lain selain pajak
·         Restribusi 
Restribusi ada hubungan antara pembayaran pembayaran dengan prestasi secara langsung
E.     Metode Pembelajaran
Strategi pembelajaran        : problem based learning
Pendekatan                                : Scientific Learning,discovery learning
Metode                                 : Tanya jawab, diskusi, penemuan terbimbing dan             pemecahan masalah

F.     Media, alat dan sumber pembelajaran
1.                   Media                : dokumen pajak
2.                   Alat/Bahan        : infocus,laptop
3.                   SumberBelajar  :Syarif Agus, perpajakan Bisnis dan Manajemen untuk kelas XI            AK,Yudistira,bandung

G.    Langkah-LangkahPembelajaran

No
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka
·         Memeriksa kehadiran siswa
·         Menyampaikan tujuan
·         Menyampaikan metode
·         Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa kemateri jenis pajak
     Membentuk kelompok siswa  yang  heterogen  (dengan       menerapkan prinsip tidak membedakan kemampuan berfikir, jeniskelamin, agama, suku, dan lain-lain)
10’
2
Inti
Mengamati
Membaca, mengenai jenis-jenis pajak.
memperhatikan demo.

Menanya
Membuatpertanyaanmengenai jenis-jenis pajak

Mengeksplorasi
Menentukan jenis pajak berdasarkan dokumen yang ada

Mengasosiasi
Menganalisis dokumen pajak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai dokumen pajak yang ada


Mengomunikasikan
Menyampaikan jenis-jenis pajak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
70’
3
Penutup
Membuat refleksi
Menyimpulkan materi.
Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya.

10’
A.    Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran konsep nilai mutlak
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
Menjelaskan kembali konsep pola barisan aritmatika
Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
Terampil dalam menganalisis setiap pajak kedalam jenisnya masing-masing dengan benar
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

H.    Instrumen Penilaian : 

No
Soal
Kunci jawaban
Pedoman penskoran
1
Jelaskan perbedaan antara pajak pusat  dengan pajak daerah?
Pajak pusat dipungut oleh pemerintah pusat dan hasilnya digunakan untuk pembiayaan rumah tangga negara pada umumnya sedangkan pajak daerah dipungut oleh daerah-daerah dan hasilya digunakan masing-masing daerah.




2
Jelaskan yang dimaksud dengan pajak langsung?
Pajak yang harus dipikul sendiri  oleh wajib pajak dan tidak dapat dibebankan atau dilimpahkan kepada orang lain.




Skor maksimum

30
















LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Matapelajaran              : Administrasi Pajak
Kelas/Semester            : XI / Satu
MateriPokok                : Jenis-jenis pajak
WaktuPengamatan      :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran Pola baris aritmatika
1.    Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
1.Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2.Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasamada lamkegiatankelompoktetapimasihbelumajeg/konsisten.
3. Sangatbaikjikamenunjukkanadanyausahabekerjasamadalamkegiatankelompoksecaraterusmenerusdanajeg/konsisten.

Indikatorsikaptoleranterhadap proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatif.
1.    Kurangbaikjikasamasekalitidakbersikaptoleranterhadap proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatif.
2.    Baikjikamenunjukkansudahadausahauntukbersikaptoleranterhadap proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatiftetapimasuihbelumajeg/konsisten.
3.    Sangatbaikjikamenunjukkansudahadausahauntukbersikaptoleranterhadap proses pemecahanmasalah yang berbedadankreatifsecaraterusmenerusdanajeg/konsisten.













Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan


No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
KB
B
SB
KB
B
SB
KB
B
SB
1










2










3










4










5










6










7











Keterangan:
KB  : Kurangbaik
B     : Baik
SB  : Sangatbaik




Mengetahui                                                                             Medan,   Juli 2014
Kepala SMK NUR AZIZI                                         Guru Mata Pelajaran Akuntansi





RITA ANDRIANI SITORUS,SOS                                                  Sriani purwaningsih























Tidak ada komentar:

Posting Komentar