Selasa, 07 Oktober 2014

RPP AKUNTANSI KEUANGAN



Kode RPP
HO-3.1

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMK SWASTA NUR AZIZI
Kelas/Semester        : XI / I Dan II
Paket Keahlian         : Akuntansi
Mata Pelajaran         : Akuntansi Keuangan
Pertemuan Ke          : 1,2,3


A.       Kompetensi Inti   
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       Kompetensi Dasar
1.1   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.2. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
2.1. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3   Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.



C.       Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.         Menunjukkan nilai-nilai syukur pada karunia Tuhan YME atas pemberian amanah untuk mengelola adminstrasi keuangan entitas
2.         Menunjukkan nilai-nilai ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
3.         Menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang keuangan dan akuntansi.
4.         Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang keuangan dan akuntansi.
5.         Menunjukkan sikap kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
6.         Menunjukkan sikap tanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran akuntansi.
7.         Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana tetap.
8.         Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi
9.         Menjelaskan pemeriksaan fisik saldo kas kecil dan perlakuan adanya selisih kas kecil.
10.      Menjelaskan manfaat penyimpanan kas perusahaan di bank, penggunaan cek untuk pembayaran dan adanya memo debit dan memo kredit dari bank.
11.      Menjelaskan penyebab terjadinya perbedaan saldo kas menurut catatan perusahaan dan catatan bank
12.      Menjelaskan penyusunan laporan rekonsiliasi bank dan pencatatan pos-pos penyesuaian
13.      Menjelaskan pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis piutang serta  pencatatan data mutasi piutang ke kartu piutang.
14.      Menjelaskan tentang konfirmasi saldo piutang dan laporan rekapitulasi piutang
15.      Menjelaskan pencatatan akuntansi terhadap piutang tak tertagih dengan metode langsung dan metode penyisihan (cadangan) termasuk piutang yang telah dihapus tetapi dapat ditagih kembali
16.      Menjelaskan penaksiran jumlah penyisihan piutang tak tertagih berdasarkan persentase piutang (pendekatan neraca), persentase penjualan (pendekatan laba-rugi) dan analisa umur piutang.








17.      Menjelaskan piutang wesel (wesel tagih) dan penentuan nilai jatuh tempo
18.      Menjelaskan proses pendiskontoan wesel tagih
19.      Menjelaskan pengertian, klasifikasi dan sitem pencatatan persediaan
20.      Menjelaskan metode-metode yang digunakan dalam menentukan nilai persediaan
21.      Menjelaskan perhitungan nilai persediaan sistem pencatatan periodik untuk berbagai metode penilaian persediaan.
22.      Menjelaskan perhitungan nilai persediaan sistem pencatatan perpetual untuk berbagai metode penentuan harga pokok.
23.      Menjelaskan pengertian kewajiban/utang lancar dan jenis-jenisnya serta pencatan jenis-jenis utang lancar
                                         
D.       Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi,demonstrasi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.         Menunjukkan nilai-nilai ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
2.       Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana tetap.
3.       Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi
4.       Menjelaskan pemeriksaan fisik saldo kas kecil dan perlakuan adanya selisih kas kecil.

E.        Materi Ajar
Akuntansi kas kecil sistem dana tetap
1.       Pengertian kas kecil
2.       Fungsi kas kecil
3.       Sistem  Pencatatan kas kecil
4.       Pencatatan kas kecil dengan sistem dana tetap:
·         Pembentukan kas kecil
·         Pembayaran dengan kas kecil
Pengisian kembali kas kecil

F.        Alokasi Waktu
6 x 45 menit

G.       Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Strategi      : CooperativeJigsaw
Metode      : Ceramah, diskusi, demonstrasi,tanya jawab dan penugasan






H.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan di pelajari kepada siswa
·         Menyampaikan tujuan kompetensi yang harus dicapai siswa
10 menit
Inti
·         Menayangkan pengertian kas kecil dan penggolongan kas
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik Jigsaw
·         Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang (kelompok awal)
·         Setiap kelompok mendapatkan tugas:
1.         Menggolongkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengelola kas kecil
2.         Menggolongkan yang tergolong kedalam kas dan menggolongkan yang tidak tergolong kedalam kas.
3.         Menjelaskan fungsi fungsi yang terkait dengan kas kecil
4.         Menguraikan prosedur pengelolaan kas kecil
5.         Menjelaskan metode yang digunakan dalam mengelola kas kecil
6.         Menjelaskan metode pencatatan yang digunakan kas kecil
·         Masing-masing siswa yang memiliki wacana/tugas yang sama berkumpul dalam satu kelompok (Kelompok ahli)
·         Setiap siswa mencatat hasil diskusi dan kembali ke kelompok awal
·         Dalam kelompok awal dilaporkan hasil diskusi kelompok ahli dan semua anggota kelompok mencatat hasil kelompok ahli
·         Laporan hasil kerja kelompok dengan cara guru menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
·         Siswa yang lain menanggapi
60 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi materi pengelolaan kas kecil




·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Siswa membuat tugas dari materi yang diberikan kedalam bentuk power point (tugas kelompok dikumpulkan 2 minggu yang akan datang)
·         Mengucapkan salam
20 menit

I.          Penilaian Hasil Belajar
a.     Tes
                       1.          Uraian (terlampir)
                       2.          hgkPilihan Ganda (terlampir)

b.     Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)

J.         Sumber Belajar :
·       Buku Akuntansi
-       Drs.Agus Syarif & Drs.Kamay Abdulrahman. 2009. Kompetensi Keahlian Akuntansi (HUP).

·       White board/papan flanel
·       Power point
·       LCD
·       Internet
·       Kartu pembelajaran




Mengetahui,                                                                              Tanjungmorawa, 15 Juli 2014     
Kepala Sekolah,                                                                                    Guru Mapel,




(RITA ANDRIANI SITORUS,S.Sos)                                           (SRIANI PURWANINGSIH,S.Pd            )
NIP.                                                                                         NUPTK.7036762663300063

MATERI 1 : KAS KECIL

1.     1.      DEFINISI DANA KAS KECIL ( PETTY CASH )
Kas kecil adalah sejumlah uang kas atau uang tunai yang disediakan perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relaatif kecil dan tidak ekonomis apabila dibayar dengan cek. Pengeluaran yang relatif kecil misalnya pembelian perangko, meterai, pembayaran rekening listrik, telepon dan sebagainya.
 Dana kas kecil yang diserahkan kepada juru bayar kas kecil perusahaan akan bertanggungjawab penuh atas pengeluaran dan penggunaan kas kecil selama periode tertentu.
1.     2.      Peralatan Pengelolaan Kas Kecil
Peralatan yang dibutuhkan untuk pengelolaan dana kas kecil, yaitu :
a. Form permintaan pengisian dana kembali kas kecil.
b. Form permintaan pengeluaran kas kecil.
c. Jurnal pengeluaran kas.
d. Buku jurnal kas kecil.
e. Buku laporan penggunaan kas kecil.
f. Buku pengeluaran kas kecil.
g. Alat tulis dan alat hitung.



1.     3.      PROSEDUR PENGELOLAAN DANA KAS KECIL
a. Prosedur Pembentukan Dana Kas Kecil
Dana kas kecil di bentuk (disediakan) berdasarkan surat keputusan kepala bagian keuangan. Dalam perusahaan yang memiliki standar prosedur akuntansi semua jenis pengeluaran kas melibatkan bagian hutang sehingga unit organisasi yang terlibat dalam prosedur pembentukan dana kas kecil adalah bagian hutang, bagian kasa, dan bagian pemegang dana kas kecil. Tugas masing-masing adalah sebagai berikut :
1. Bagian Hutang
·         Menerima surat keputusan, pembentukan dana kas kecil dari kepala bagian keuangan.
·         Membuat bukti pengeluaran kas dalam tiga rangkap. Lembar 1 dan 3 diserahkan kepada bagian kasa dilampiri surat pembentukan dana kas kecil. Lembar 2 diserahkan kepada bagian buku pembantu yang terkait misalnya, bagian kartu biaya dan kartu persediaan untuk disisipkan.
·         Mencatat bukti pengeluaran kas dalam daftar bukti kas keluar yang belum dibayar (berfungsi sebagai buku pembantu hutang).
·         Menerima bukti pengeluaran kas lembar 1 yang telah dicap lunas dari bagian kasa dilampiri surat keputusan pembentukan dana kas kecil.
·         Mencatat nomor cek dan tanggal pembayaran sesuai data bukti pengeluaran kas yang telah dicap lunas dalam daftar bukti kas keluar pada kolom yang disediakan.
·         Menyerahkan bukti kas pengeluaran kas lembar 1 yang telah dicap kepada bagian jurnal dan laporan.
2. Bagian Kasa
·         Menerima bukti pengeluaran kas lembar 1 dan 3 dilampiri surat pembentukan dana kas kecil dari bagian hutang.
·         Menyediakan cek sebesar jumlah yang tercantum dalam bukti pengeluaran kas untuk ditanda tangani oleh pejabat perusahaan yang berwenang mengeluarkan kas.
·         Membubuhkan cap tanda lunas pada bukti pengeluaran kas lembar 1 dan 3 serta surat pembentukan dana kas kecil.
·         Menyerahkan bukti pengeluaran kas lembar 1 ke bagian hutang dilampiri surat bukti pembentukan dana kas kecil, dan lembar ke 3 diserahkan kepada pemegang dana kas kecil.
3. Bagian Jurnal dan Laporan
·         Menerima bukti pengeluaran kas lembar 1 yang telah di cap lunas dilampiri surat pembentukan dana kas kecil dari bagian hutang.
·         Mencatat bukti pengeluaran kas dalam buku jurnal pengeluaran kas (register cek)
·         Mengarsipkan bukti pengeluaran kas bersama surat keputusan pembentukan dana kas kecil dalam map arsip bukti pengeluaran kas (voucher) yang sudah dibayar.
4. Pemegang Dana Kas Kecil
·         Menerima cek dan bukti pengeluaran kas lembar 3 dari bagian kasa
·         Menguangkan cek ke bank dan menyimpan dana kas kecil
·         Mengarsipkan bukti pengeluaran berdasarkan urutan tanggal.



b.Prosedur Pengeluaran Dana Kas Kecil

Formulir yang digunakan dalam pengeluaran dana kas kecil terdiri dari formulir surat permintaan pengeluaran dana kas kecil dan bukti pengeluaran kas kecil. Pihak yang terlibat dalam pengeluaran atau penggunaan dana kas kecil adalah Pemegang Dana Kas Kecil dan bagian yang menggunakan (pemakai) dana kas kecil. Kegiatan masing-masing pihak adalah sebagai berikut :
1. Pemakai Dana Kas Kecil
·         Mengisi formulir surat permintaan pengeluaran dana kas kecil sebanyak 2 lembar untuk selanjutnya diserahkan kepada pemegang dana kas kecil.
·         Menerima uang tunai dan surat permintaan pengeluaran dari pemegang dana kas kecil.
·         Mengumpulkan bukti-bukti penggunaan dana kas kecil untuk dijadikan pendukung bukti pengeluaran kas kecil.
·         Mengisi formulir bukti pengeluaran kas kecil berdasarkan data bukti pendukung.
·         Menyerahkan bukti pengeluaran kas kecil, bukti pendukung dan surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 1 kepada pemegang dana kas kecil.
·         Menerima surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar ke 2 yang telah di cap lunas dari pemegang dana kas kecil untuk di arsipkan.





2. Pemegang Dana Kas Kecil
·         Menerima surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 1 dan 2 dari bagian yang memerlukan dana (pemakai).
·         Menyerahkan uang tunai dan surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 1 kepada pemakai dana kas kecil.
·         Menerima bukti pengeluaran kas kecil, bukti pendukung dan surat permintaan pengeluaran kas kecil lembar 1 dari pemakai dana kas kecil sebagai bukti pertanggung jawaban.
·         Membubuhkan cap lunas pada bukti pengeluaran kas kecil, bukti-bukti pendukung dan surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 1 dan 2.
·         Menyerahkan surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 2 yang telah di cap lunas kepada pemakai dana kas kecil.
·         Menyimpan bukti pengeluaran kas kecil, bukti-bukti pendukung dan surat permintaan pengeluaran dana kas kecil lembar 1. Dokumen-dokumen tersebut diserahkan kepada bagian hutang pada saat pengajuan permintaan pengisian kembali dana kas kecil.

PENGISIAN KEMBALI DANA KAS KECIL

a. fungsi pemegang dana kas kecil.
1. pemegang as kecil membuat permintaan pengisian kembali kas kecil PP3K
2. menyerahkan PP3K lembar 1 dan 2,BPKK, dan dokumen pendukung kepada bagian utang
3. menerima bukti kas keluar (BKK) lembar 3 dan cek bagian utang
4. mengunakan cek ke bank
5. menyimpan uang tunai
6. mengarsipkan BKK lembar 3
b. fungsi bagian utang
 berikut ini merupakan tugas bagian utang
1. menerima PP3K lembar 1 dan 2, BPKK, dan DP dari pemegang kas kecil
2. membuat bukti kas keluar (BKK) sebanyak 3 lembar
3. berdasarkan BKK lembar 1 diisi register bukti kas keluar
4. BKK lembar 2 dan PP3K lembar 1 di serahkan ke bagian kartu biaya (jika ada)
c. fungsi bagian kasa/kasir
 berikut ini merupakan tugas kasa/kasir
1. menerima BKK lembar 1 dan 2, PP3K lembar 2, BPKK, dan DP dari bagian utang.
2. mengisi cek dan meminta tanda tangan terhadap cek kepada direktur keuagan
3. menyerahkan cek dan BKK lembar 3 kepada pemegang dana kas kecil.
4. menyerahkan BKK lembar 1, PP3K lembar 2, BPKK, dan DP kepada bagian uatang setelah membutuhkan cap lunas pada BKK dan dokumen pendukungnya dan mencatat nomor cek pada BKK.
5. BKK lembar 1 dan 3, PP3K lembar 2, BPKK, dan dokumen pendukung di serahkan ke bagian kasa.
6. menerima cek, BKK lembar 1, PP3K lembar 2, BPKK, dan DP dari kasa setelah membubuhkan cap lunas pada BKK dan dokumen pendukungnya dan mencatat nomer cek pada BKK.
7. mengisi register bukti kas keluar berdasarkan PP3K lembar 1.
8. menyerahkan PP3K lembar 1 dan 2, BPKK, dan dokumen pendukung kepada bagian jurnal.
d. bagian jurnal
 berikut ini merupakan tugas pemegang dana kas kecil.
1. menerima BKK lembar 1, PP3K, BPKK, dan DP dari bagian utang.
2. mengisi register cek dari BKK lembar 1.
3. mengarsipkan BKK lembar 1, PP3K, BPKK, dan DP menurut nomor urut.

Mutasi Dana Kas Kecil

Mutasi/perubahan kas pada dasarnya adalah akibat adanya penerimaan dan pengeluaran dana. Dana kas kecil diterima kas umum dan dikeluarkan melalui bagian pemakai dana. Transaksi yang mengakibatkan terjadinya mutasi adalah sebagai berikut:
a. Transaksi pembentukan dana kas kecil sebesar jumlah menurut keputusan kepala bagian keuangan. Dokumen transaksi tersebut ialah sebagai berikut:
·         Bukti pengeluaran kas yang dibuat oleh bagian hutang.
·         Surat keputusan kepala bagian keuangan sebagai dokumen pendukung.
b. Transaksi pemakaian dana kas kecil melalui bagian-bagian pemakai dana, dokumen transaksi tersebut ialah sebagai berikut:
·         Bukti pengeluaran kas kecil yang dibuat bagian-bagian pemakai dana.
·         Bukti penggunaan dana seperti, nota kontan, kuitansi yang dibuat pihak luar perusahaan sebagai dokumen pendukung.
·         Surat permintaan pengeluaran dana kas kecil yang dibuat bagian-bagian pemakai sebagai dokumen pendukung.
c. Transaksi pengisian kembali dana kas kecil, dokumen transaksinya adalah sebagai berikut:
·         Bukti pengeluaran kas yang dibuat bagian hutang.
·         Surat permintaan pengisian kembali dana kas kecil sebagai dokumen pendukung dibuat oleh pemegang dana kas kecil.
·         Bukti pengeluaran kas kecil sebagai dokumen pendukung dibuat oleh bagian-bagian pemakai dana kas kecil.
DOKUMEN / BUKTI PENGELOLAAN DANA KAS KECIL
1.     Bukti Kas Keluar (BKK)
Bukti Kas Keluar (BKK) adalah dokumen yang berfungsi sebagai perintah pengeluaran kas dari fungsi (bagian) akuntansi kepada fungsi (bagian) kas besar yang tercantum dalam dokumen tersebut. Dokumen ini dalam kaitannya dengan kas pengelolaan kas kecil, biasanya diperlukan pada transaksi pembentukan dana kas kecil dan pada saat pengisian kembali kas kecil.
Bentuk bukti kas keluar sangat bervariatif antar perusahaan. Berikut ini adalah salah satu contoh saja dari bukti kas keluar:






PD ADIL SEJAHTERA
Jl. TEKNOLOGI No 144 JATEN KARANGANYAR
SOLO JAWA TENGAH
BUKTI PENGELUARAN KAS Nomor : BKK12-6
Tanggal : 2 Desember 2009
 Nomor Cek : CP12-006 Tanggal Cek : 2/12/2009PCek
Dibayar kepada
Bendahara Kas Kecil
Jumlah Dibayar
Rp. 5.000.000,00
Dengan Huruf
Lima juta rupiah
Keterangan
Pembentukan Dana Kas Kecil
Disetujui Oleh Dibukukan Oleh Dibayar oleh
(Joko Pramono,S.Pd.) (Rosiyati, S.E.) (Imelda Yooshika,S.TP)
Gambar 1.1 BKK untuk Pembentukan dana Kas kecil
Gambar 1.1. BUKTI PENGELUARAN KAS
2.     Cek (Cheque)
Cek merupakan dokumen yang digunakan untuk memerintahkan bank melakukan pembayaran sejumlah uang tertentu kepada orang/badan yang namanya tercantum pada cek atau pembawa cek.
Terkait dengan pengelolaan dana kas kecil, biasanya cek ini dibuat oleh kasir kas besar setelah bukti kas keluar pembentukan dana kas kecil disetujui oleh manajer/direktur keuangan perusahaan kemudian diserahkan kepada kasir kas kecil untuk dicairkan dana kas kecil yang dibentuk ke bank.
Bentuk Cek tiap bank agak berbeda, namun subtansinya sama. Berikut ini adalah contoh cek:


BANK YOGA ARTA



BANK YOGA ARTA 

Cabang Surakarta


 Cabang Surakarta
No. Cek AA 098

No. Rek. Giro: 32.43.5844.3



No. Rek. Giro: 32.43.5844.3
Tgll. 2 –Desember-2009

No. Cek AA 098










Tgl. 2 Desember –– 2009


Atas Penyerahan cek ini bayarlah kepada


Kepada :



 Ny Ratih Rosiyati atau pembawa


Ny ratih Rosiyati

Uang sejumlah Rp
Rp 5.000,000.00



Untuk Pembayaran Kas Kecil



Lima Juta rupiah



tgl. 2 – Desember – 2009










Saldo
Rp 12,750,000.00










Setoran
Rp 2.250,000.00





Karanganyar,2 Desember 2009


Pengambilan
Rp 5,000,000.00

Rp 5.000.000,00






Saldo
Rp 10.000.000.00




Joko Pramono,S.Pd









Tanda tangan dan cap stempel Perusahaan












Gambar 1.2. Cek (Cheque)
3.     Permintaan Pengeluaran Kas Kecil
Dokumen ini digunakan oleh pemakai kas kecil untuk meminta uang kepada pemegang kas kecil ketika akan melalukan pengeluaran kas kecil. Bagi pemegang kas kecil dokumen ini merupakan bukti pengeluaran. Dokumen ini diarsipkan oleh pemegang kas kecil menurut nama pengeluaran dana kas kecil tersebut.
PT ADIL SEJAHTERA
Jl. Teknologi 144 Jaten
Karanganyar Jawa Tengah
PERMINTAAN PENGELUARAN KAS KECIL
Diminta
No. PPKK 0001
Tgl.
Departemen
Disetujui
Jumlah Rupiah dengan Angka

Jumlah Rupiah dengan Huruf

Keterangan …………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………….
Gambar 1.3. Permintaan Pengeluaran Kas Kecil
4.     Bukti Pengeluaran Kas Kecil
Dokumen ini dibuat oleh pemakai dana kas kecil untuk mempertanggung-jawabkan pemakaian dana kas kecil. Dokumen ini dilampiri dengan bukti-bukti pengeluaran kas kecil dan diserahkan oleh pemakai dana kas kecil kepada pemegang dana kas kecil




PT ADIL SEJAHTERA
Jl. Teknologi 144 Jaten Telp 0271 3096858
Karanganyar Jawa Tengah
BUKTI PENGELUARAN KAS KECIL
Jumlah yang diterima menurut PPKK
Rp 5.000.000,00
No BPKK 10101
Jumlah yang telah dikeluarkan
Rp 2.000.000,00
No PPKK ………….
Jumlah sisa Lebih (kurang)
Rp 3.000.000,00
Tgl …………..
Tgl.
No. Rekening
Keterangan
Jumlah (Rupiah)












Disetujui


………………….
Diperiksa


……………………
Dibuat Oleh


………………………….
Gambar 1.4 Bukti Pengeluaran Kas Kecil
5.     Permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil
Jika persediaan kas kecil sudah menipis maka pemegang kas kecil menggunakan dokumen permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil untuk menambah saldo kas kecil agar saldonya sama seperti pada waktu pembentukan dana kas kecil. Pemegang kas kecil mengajukan dokumen ini kepada kasir kas besar. Mekanisme selanjutnya seperti pada saat pembentukan dana kas kecil.
Berikut ini adalah contoh format dokumen Permintaan Pengisian Kembali kas Kecil:
PT ADIL SEJAHTERA
Jl. Teknologi 144 Jaten Telp 0271 3096858
Karanganyar Jawa Tengah
PERMINTAAN PENGISIAN KEMBALI KAS KECIL
Tgl
No BPKK
Keterangan
Jumlah (Rp)




















Diperiksa
Dibuat
Jumlah PPKK

Jumlah BPKK

Uang Tunai

Jumlah Dana Kas Kecil





REKAPITULASI PENGELUARAN KAS KECIL
NO REK
JUMLAH
NO REK
JUMLAH












Gambar 1.5. Permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil (PPKK)
2.     Catatan Akuntansi yang Digunakan
Catatan akuntansi yang diperlukan dalam pencatatan kas kecil antara lain:
1.     Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal)
Jurnal pengeluaran kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat setiap tranksaksi pengeluaran kas, termasuk pengeluaran kas untuk pembentukan dana kas kecil dan pengisian kembali dana kas kecil. Pencatatan ke dalam jurnal pengeluaran kas didasarkan pada bukti kas keluar yang telah dicap lunas (telah di otorisasi) oleh fungsi kas.
Bentuk Jurnal Pengeluaran Kas :
PD ADIL SEJAHTERA
JURNAL PENGELUARAN KAS
BULAN DESEMBER 2009
TGL
NO. BUKTI
KETERANGAN
NO. CEK
POS REFF
ACC. PAYABLE
SERBA-SERBI
PURCHASE DISC.
PPN Income
CASH IN BANK
NAMA AKUN
NO. AKUN
JUMLAH




















































Gambar 1.6. Jurnal Pengeluaran kas
2.     Register Check (Check Register)
Register check adalah catatan yang digunakan untuk mencatat cek perusahaan yang dikeluarkan untuk pembentukan dana kas kecil.
Contoh format register check:
PT ADIL SEJAHTERA
JL TEKNOLOGI 144 JATEN TELP 0271 3096858
KARANGANYAR JATENG
REGISTER CHECK
Tgl
Dibayarkan kepada
Bank
No. Cek
No. BKK
Jumlah (Rp)




































Gambar 1.7. Register Cek
3.     Jurnal Pengeluaran Dana Kas Kecil (Petty Cash Book)
Jurnal pengeluaran dana kas kecil digunakan untuk mencatat setiap transaksi pengeluaran kas kecil sekaligus sebagai alat distribusi pendebitan yang timbul sebagai akibat pengeluaran dana kas kecil.
Contoh Petty Cash Book :                       


UD ADIL SEJAHTERA
PETTY CASH BOOK
Bulan: Desember 2009
TANGGAL
NO. BUKTI
KETERANGAN
DEBET
KREDIT
NAMA AKUN
NO.AKUN
JUMLAH
PETTY CASH
























Gambar 1.8. Jurnal pengeluaran Kas Kecil


2.         METODE DANA KAS KECIL :
·         IMPREST FUND SYSTEM
Dengan metode Imprest dana kas kecil ditetapkan dalam jumlah yang relatif tetap. Artinya sepanjang jumlah dana yang telah ditetapkan dianggap cukup untuk pengeluaran kas kecil dalam suatu periode tertentu, jumlah dana kas kecil tidak dinaikkan atau diturunkan.
Ciri-cirinya :
1. Bukti-bukti pengeluaran dana kas kecil dikumpulkan oleh pengelola dana kas kecil. Berdasarkan bukti-bukti tersebut pengelola kas kecil meminta penggantian kepada kasir kas umum.
2. Penggantian dana kas kecil dilakukan dengan penarikan cek yang sama jumlahnya dengan jumlah dana kas kecil yang telah dikeluarkan.
3. Bukti-bukti pengeluaran dana kas kecil dicatat ke dalam jurnal pengeluaran kas pada saat dilakukan penggantian kembali dana, dengan mendebet akun-akun beban yang terjadi .
·         FLUCTUATING FUND SYSTEM
Menurut metode ini dana kas kecil tidak ditetapkan dalam jumlah yang tetap, sehingga penggantian dana kas kecil tidak perlu sama dengan jumlah dana kas kecil yang telah dikeluarkan. Dengan demikian jumlah dana kas kecil akan berfluktuasi sesuai dengan jumlah yang diperlukan.
Perubahan dana kas kecil dengan metode Fluktuasi dicatat pada akun “ KAS KECIL “. Transaksi pembentukan dana pengisian kembali dana kas kecil dicatat debit akun “kas kecil”, sementara transaksi penggunaan dana kas kecil dicatat di sisi kredit. Dengan demikian akun “kas kecil” didebit dari data jurnal pengeluaran kas umum, dan dikredit dari data jurnal kas kecil yang diselenggarakan oleh pengelola kas kecil.
Dengan mendebet akun “kas kecil” setiap terjadi pengisian dana kas kecil, dan mengkredit dengan jumlah dana yang telah digunakan, saldo akun “kas kecil” akan menunjukkan saldo yang sebenarnya. Oleh karena itu dengan metode Fluktuasi tidak diperlukan penyesuaian terhadap saldo akun “kas kecil” pada akhir periode akuntansi.

1. Definisi Selisih Dana Kas Kecil
Selisih dana kas kecil adalah selisih antara kas menurut catatan dengan kas yang ada menurut penghitungan secara fisik. Apabila kas menurut penghitungan secara fisik lebih besar dari kas menurut catatan disebut “ selisih kas lebih “ ( Cash Overage ).Jika keadaan sebaliknya, disebut “ selisih kas kurang “ ( Cash Shortage ).
Penyebab terjadinya selisih kas antara lain :
1. Kehilangan akibat kekeliruan saat transaksi misalnya pada saat memberikan uang kembali
2. Jumlah uang yang diterima atau dikeluarkan lebih besar atau lebih kecil dari pada jumlah yang seharusnya dicatat. Kejadian ini biasanya terjadi karena tidak tersedia uang pecahan kecil.
2. Pencatatan selisih dana kas kecil
Adanya selisih kas mungkin diketahui pada saat transaksi yang terkait belum dicatat dalam jurnal, misalnya selisih kas yang terjadi karena pembayaran yang melebihi jumlah yang seharusnya.
Untuk mencatat selisih dana kas kecil yang diketahui sebelum pencatatan transaksi, salah satu cara adalah dengan menyediakan kolom debet dan kredit pada buku kas kecil. Kolom debet untuk mencatat selisih kas kurang dan kolom kredit untuk mencatat selisih kas lebih. Sebagai illustrasi, berikut ini contoh pencatatan selisih dana kas kecil yang diketahui sebelum transaksi yang bersangkutan dicatat ke dalam jurnal.






A.   Evaluasi Hasil
Soal Uraian
Pengertian sederhana kas kecil:
Dalam suatu perusahaan terkadang ada pengeluaran-pengeluaran yang sifatnya relatif kecil seperti perjananan dinas, biaya listrik, telpon, pembelian materai, biaya ftkopi, ongkos pembelian dan penjualan, dll yang nominalnya kecil. Nah, semua pengeluaran2 tersebut dimasukkan dalam suatu kas yang disebut dengan ‘kas kecil’.
Dalam metode pengisian saldo, kas kecil ada dua macam, yaitu kas kecil yang saldo (dana) nya tetap (imprest) dan pengisian saldo yang dananya berubah atau tidak sama seperti pada pembentukan awal (fluktuatif).
Berikut ini adalah contoh dari penerapan soal2 untuk kas kecil.
Pada bulan Maret 2012, terjadi transaksi di CV Serba Ada sebagai berikut.
Maret, 1 : Dibentuk kas kecil pertama kali dengan nomor cek G1 sebesar Rp5.000.000,
Maret, 4: Dibeli perlengkapan dari Toko Sumber Makmur dengan jumlah pembelian Rp2000.000, dengan no voucher kas kecil (vkk) 001.
Maret, 8: Dibayar ongkos angkut pembelian barang dagangan sejumlah Rp150.000, no bukti vkk 002.
Maret, 10: Dibayar listrik Rp200.000, Air Rp100.000, dan telepon sebesar Rp150.000,- no bukti vkk (voucher kas kecil) 003.
Maret, 16: Kas kecil diisi kembali dengan cek no G2 sebesar Rp2.600.000.
Maret, 19: Dibayar ongkos angkut penjualan barang dagangan sebesar Rp150.000 no vkk 004.
Maret, 24: Dibeli materai Rp15000, no vkk 005
Maret, 25: Diganti biaya perjalanan dinas Tn. Togar sebesar Rp1.500.000,- no vkk 006
Maret, 29: Kas kecil diisi kembali dengan cek no. G3 sebesar Rp1.665.000,-
Di minta:
1. Buat buku Kas Kecilnya,
2. Buat jurnal kas kecil metode dana tetap dan dana berubah.




Jawab
1. Buku Kas kecilnya bisa dilihat sebagai berikut.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOyC7pRf_gxEB8A1cjy2-DAnSJndbbZorehxPR2XUCo6BhFx3wxGkh_2lLFr7-X90kwiDx_k71Ya5ahP9kegMpM232NtSgLXd4sGl9OzPymW5oZh1BFz_DwRBvCueXyIl6MmYwbDZ5f1-3/s400/kas+kecil.jpg
Soal Pilihan Ganda
1.         Metode pengeloloaan kas kecil di bawah ini adalah …
A.        Avarage dan imprest
B.        Fluktuasi dan Fifo
C.        Lifo dan Fifo
D.        Imprest dan Fluktuasi
E.        Avarage dan Imprest
2.          Dibawah ini yang digolongkan sebagai kas adalah …………….
A.        Cek, bilyet giro, perangko
B.        Money order, travelller check
C.        Deposito, cek, perangko
D.        Cek, deposito, bilyet giro
E.        Money order, deposito


B.   Evaluasi Pembelajaran (Proses)
Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman









































Keterangan Skor :                                              
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1 = Kurang
                           Skor perolehan
Nilai     =                                       X  100
                           Skor Maksimal (20)                                 
          Kriteria Nilai
          A   =                80 – 100               :                             Baik Sekali    
          B   =                70 – 79                :                             Baik
          C  =                60 – 69                :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                      :                             Kurang



Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistemati ka penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan













































Keterangan Skor :                                              
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1 = Kurang
                           Skor perolehan
Nilai     =                                       X  100
                           Skor Maksimal (20)
Kriteria Nilai
          A   =                80 – 100               :                             Baik Sekali    
          B   =                70 – 79                :                             Baik
          C  =                60 – 69                :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                      :                             Kurang


Format Penilaian Makalah
Struktur Makalah
Indikator
Nilai
Pendahuluan
Menunjukkan dengan tepat isi :
·      Latar belakang
·      Rumusan masalah
·      Tujuan penulisan.

Isi

·       
·      Orisinalitas makalah
·      Mendeskripsikan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan kebudayaan  pada masa  kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·      Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas sesuai metode yang dipakai
·      Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
·      Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan (Ilmiah)
·      Menghindari sumber (akun) yang belum dikaji secara ilmiah

Penutup
·      Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
·      Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan untuk peningkatan kepedulian terhadap hasil peninggalan sejarah Hindu-Buddha di Indonesia

Jumlah


 



Kriteria Penilaian untuk masing-masing indikator:

Sangat sesuai
4
Sesuai
3
Cukup
2
Kurang
1


 
 





 



                           Skor perolehan
Nilai     =                                       X  100
                           Skor Maksimal (48)














Kode RPP
HO-3.1

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          : SMK SWASTA NUR AZIZI
Kelas/Semester        : XI / I Dan II
Paket Keahlian         : Akuntansi
Mata Pelajaran         : Akuntansi Keuangan
Pertemuan Ke          : 4,5,6


A.     Kompetensi Inti   
1.       Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.       Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
1.2   Mensyukuri  karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas.
1.3. Mengamalkan ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
2.3. Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.4   Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
2.5   Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi
2.6   Menjelaskan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi

·           Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.       Menunjukkan nilai-nilai syukur pada karunia Tuhan YME atas pemberian amanah untuk mengelola adminstrasi keuangan entitas
2.       Menunjukkan nilai-nilai ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
3.       Menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang keuangan dan akuntansi.
4.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang keuangan dan akuntansi.
5.       Menunjukkan sikap kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
6.       Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi
7.       Mencatat pembentukan kas kecil pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana  berfluktuasi.
                                         
·           Tujuan Pembelajaran
       Melalui diskusi,demonstrasi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
5.         Menunjukkan nilai-nilai ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami,relevan, andal, dan dapat diperbandingkan.
6.       Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana tetap.
7.       Menjelaskan pencatatan pembentukan kas kecil, pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi
8.       Menjelaskan pemeriksaan fisik saldo kas kecil dan perlakuan adanya selisih kas kecil.

·           Materi Ajar
Akuntansi kas kecil sistem dana tetap
5.       Pengertian kas kecil
6.       Fungsi kas kecil
7.       Sistem  Pencatatan kas kecil
8.       Pencatatan kas kecil dengan sistem dana tetap:
·         Pembentukan kas kecil
·         Pembayaran dengan kas kecil
Pengisian kembali kas kecil





·           Alokasi Waktu
6 x 45 menit

·           Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Strategi      : CooperativeJigsaw
Metode      : Ceramah, diskusi, demonstrasi,tanya jawab dan penugasan


·           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Menyampaikan kompetensi yang akan di pelajari kepada siswa
·         Menyampaikan tujuan kompetensi yang harus dicapai siswa
10 menit
Inti
·         Menayangkan pengertian kas kecil dan penggolongan kas
·         Siswa mendapatkan penjelasan tentang proses pelaksanaan teknik Jigsaw
·         Siswa dibagi ke dalam 6 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang (kelompok awal)
·         Setiap kelompok mendapatkan tugas:
7.         Menggolongkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam mengelola kas kecil
8.         Menggolongkan yang tergolong kedalam kas dan menggolongkan yang tidak tergolong kedalam kas.
9.         Menjelaskan fungsi fungsi yang terkait dengan kas kecil
10.     Menguraikan prosedur pengelolaan kas kecil
11.     Menjelaskan metode yang digunakan dalam mengelola kas kecil
12.     Menjelaskan metode pencatatan yang digunakan kas kecil
·         Masing-masing siswa yang memiliki wacana/tugas yang sama berkumpul dalam satu kelompok (Kelompok ahli)
·         Setiap siswa mencatat hasil diskusi dan kembali ke kelompok awal
·         Dalam kelompok awal dilaporkan hasil diskusi kelompok ahli dan semua anggota kelompok mencatat hasil kelompok ahli
·         Laporan hasil kerja kelompok dengan cara guru menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
·         Siswa yang lain menanggapi
60 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi materi pengelolaan kas kecil




·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Siswa membuat tugas dari materi yang diberikan kedalam bentuk power point (tugas kelompok dikumpulkan 2 minggu yang akan datang)
·         Mengucapkan salam
20 menit

·           Penilaian Hasil Belajar
c.     Tes
                       1.          Uraian (terlampir)
                       2.          Pilihan Ganda (terlampir)

d.     Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)

·           Sumber Belajar :
·       Buku Akuntansi
-       Drs.Agus Syarif & Drs.Kamay Abdulrahman. 2009. Kompetensi Keahlian Akuntansi (HUP).

·       White board/papan flanel
·       Power point
·       LCD
·       Internet
·       Kartu pembelajaran




Mengetahui,                                                                              Tanjungmorawa, 15 Juli 2014     
Kepala Sekolah,                                                                                    Guru Mapel,




(RITA ANDRIANI SITORUS,S.Sos)                                           (SRIANI PURWANINGSIH,S.Pd            )
NIP.                                                                                         NUPTK.7036762663300063


Tidak ada komentar:

Posting Komentar