Rabu, 01 Oktober 2014

RPP kas kecil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                   : SMK NUR AZIZI           
Mata pelajaran                                        : Akuntansi
Kelas/Semester                                       : X/Ganjil
Materi Pokok                                          :Akuntansi kas kecil Metode dana tetap
Alokasi Waktu                                        : 2 x 45 menit

A.   Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


















B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
2.1.     Memiliki motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3.   Menghargai kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
3.2.    Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil, pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanaberfluktuasi.
INDIKATOR
1.   Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi:
·      Pembentukan kas kecil
·      Pembayaran dengan kas kecil
·      Pengisian kembali kas kecil
4.2. Mencatat pembentukan kas kecil pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan sistem dana fluktuasi
INDIKATOR
1.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana tetap dan dana berfluktuasi

C.      Tujiuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui tahapan inkuiri: menyajikan fenomena, observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat:
1.      Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi:
·      Pembentukan kas kecil
·      Pembayaran dengan kas kecil
·      Pengisian kembali kas kecil
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana tetap dan dana berfluktuasi

D. Materi Pembelajaran
1)        Materi Fakta
Mengambil catatan keuangan perusahaan dari warnet
2)        Materi Konsep 
Dalam metode dana tidak tetap,pemkaian kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam bentuk jurnal formal sehingga buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar pencatatan dalam buku besar. Dana kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang tetap, sehingga jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah di keluarkan oleh karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak perlu di buat jurnal penyesuaian terhadap saldo akun kas kecil pada akhir priode.
Perbedaan pencatatan dan saldo antara sistem dana tetap dan dana tidak tetap adalah sebagai berikut:
a.       Pada sistem dana tidak tetap saldo kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan dana.pengeluaran dari dana kas ini akan langsung dikeluarkan dari kas bank.
b.      Pada sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan dan pengisian kembali pengeluaran dana kas ini langsung megurangi saldonya.
Contoh metode sistem fluktuasi. PD Aneka Jaya menyelenggarakan kas kecil untuk pengeluaran-pengeluaran kecil. Kas tersebut mulai dibuka pada tanggal 1 Desember 2010 dengan menerima uang sebanyak Rp. 3.000.000,00 dari kas. Untuk selanjutnya kas kecil diisi setiap tanggal 15 dan 30. Ttransksi yang berhubungan dengan kas kecil selama bulan Desember 2010 adalah sebagai berikut.
2 Desember 2010          Dibeli materai Rp 320.000,00 (suplai kantor)
7 Desember 2010          Dibayar rekening listrik Rp 340.000,00 dan air Rp 220.000,00
12 Desember 2010        Dibayar biaya iklan pada harian kompas Rp 200.000,00
14 Desember 2010    Dana kas kecil dianggap terlalu besar, maka Rp 500.000,00 disetor kembali kekas kecil
15 Desember 2010         Dana kas kecil diisi kembali
18 Desember 2010         Dibayar biaya angkut pemeblian Rp 225.000,00
22 Desember 2010         Dibayar biaya tepon Rp 400.000,00
26 Desember 2010         Dibeli perlengkapan kantor Rp 725.000,00
28 Desember 2010      Dibayar untuk pengobatan karyawan yang sakit Rp 175.000,00 biaya rupa-rupa)
30 Desember 2010        Dibayar biaya angkut bayar Rp 130.000,00
30 Desember 2010        Dana kas kecil diisi kembali
Diminta : Buatlah transaksi diatas dengan menggunakan metode dana tidak tetap
Jawab:
Tgl
Uraian
Debet
Kredit
2010
1
Kas Kecil
                 Kas
Rp 3.000.000,00

Rp 3.000.000,00

2

Perlengkapan kantor
                 Kas kecil
Rp    320.000,00

Rp    320.000,00

7

Biaya listrik
Biaya air
                  Kas kecil
Rp    340.000,00
Rp    220.000,00


RP    560.000,00

12

Biaya iklan
                 Kas kecil
Rp    200.000,00

Rp     200.000,00

14

Kas
              Kas kecil
Rp 500.000,00

Rp 500.000,00

15

Kas kecil
               Kas
Rp 1.080.000,00


Rp 1.080.000,00

18

Biaya angkut barang
                Kas kecil
Rp    225.000,00

Rp 225.000,00

22

Biaya telpon 
                Kas kecil
Rp    400.000,00

Rp 400.000,00

26

Perlengkapan kantor
                Kas kecil
Rp    725000,00

Rp    725.000,00

30

Biaya angkut barang
                 Kas kecil
Rp    130.000,00

Rp 130.000,00

30

Kas kecil
                  Kas
Rp 1.655.000,00

Rp 1.655.000,00


3)        Materi Prinsip
Mengurai sistem pencatatan kas kecil
      Meguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana tidak tetap

4)        Pro­sedur
Analisisisimateri/topikdarikas kecil.
a.       Model Pembelajaran: Inkuiri+PBMP
b.      Metode Pembelajaran: Demonstrasi, diskusi, kerja kelompok, dan tugas.
E.       Model dan Metode Pembelajaran
a.    Model Pembelajaran: Inkuiri+PBMP
b.    Metode Pembelajaran: Demonstrasi, diskusi, kerja kelompok, dan tugas.

F.        Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media:
a.         LKS
b.         Power point
2.         Alat/Bahan:
a.         lapotop
b.         LCD
3.         Sumber Belajar:
a.         Drs. Hendi Soemantri. 2007. Akuntansi keuangan. Bandung: Penerbit Armico.
b.         Dwi Harti. 2008. Modul Akuntansi 1 A untuk SMK dan MAK. Jakarta: Penerbit Erlangga.



G.      Kegiatan Pembelajaran:
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
1.      Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
2.      Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya.
3.      Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
4.      Siswa diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas kas kecil.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
6.      Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
10
2
Inti
1.      Menyajikan Fenomena
·           Guru menyampaikan isi materi dengan judul “Akuntansikaskecilsistemdanatidak tetap”.
2.     Lakukan
  • Siswa berkelompok (masing-masing beranggotakan 4 sd 5 orang siswa).
a.    Sediakan
·      Siswa menyiapkan pencatatan laporan keuangan perusahaan yang telah diberikan guru sehari sebelumnya.
b.   Observasi
·      Guru meminta siswa mencermati ulang pencatatan laporan keuangan kas kecil

c.    Rumusan Masalah
·      Guru menanyakan kembali tujuan pembelajaran.
·      Guru meminta siswa untuk merumuskan masalah bersadarkan pencatatan dana kas kecil.
d.   Pengajuan Hipotesis
·      Berdasarkan rumusan masalah, guru meminta siswa merumuskan hipotesis dalam bentuk opini terhadap permasalahan yang telah dirumuskan.
e.    Pengumpulan Data
·      Siswa mendiskusikan jurnal  pencatatan laporan keuangan kas kecil.
f.     Analisis Data
·      Siswa mengidentifikasi berbagai jenis laporan pencatatan kas kecil
g.    Penyusunan Kesimpulan:
·      Siswa diminta menuliskan kesimpulan dari hasil analisis data
70


3.     Renungkan
·      Siswa secara berkelompok menuliskan garis besar langkah-langkah kegiatan pembelajaran dana kas kecl.
4.     Pikirkan
·      Guru menayangkan kembali tujuan pembelajaran.
·      Siswa menyimpulkan dari konsep atau subkonsep yang disusun atas dasar data pengamatan ataupun butir-butir pikiran pada bagian renungkan dikaitkan  dengan tujuan pembelajaran.
5.     Evaluasi
·       Siswa mempresentasikan hasil kegiatan pada tahap pikirkan.
6.     Arahan
·      Guru menugaskan siswa untuk mencari tau dari orang tua/kakak/kerabat yang mengenai dana kas kecil

3
Penutup
1.      Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
3.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang “Pencatatn kas kecil dengan metode fuctuation fund system
5.      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
10
H.      Kegiatan Pembelajaran:
No.
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
7.      Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini?
8.      Guru meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar meja dan kursi tempat duduknya.
9.      Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
10.  Siswa diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas kas kecil.
11.  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
12.  Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada pertemuan ini.
10
2
Inti
7.      Menyajikan Fenomena
·           Guru menyampaikan isi materi dengan judul “Akuntansikaskecilsistemdanatetap”.
8.     Lakukan
  • Siswa berkelompok (masing-masing beranggotakan 4 sd 5 orang siswa).
h.   Sediakan
·      Siswa menyiapkan pencatatan laporan keuangan perusahaan yang telah diberikan guru sehari sebelumnya.
i.      Observasi
·      Guru meminta siswa mencermati ulang pencatatan laporan keuangan kas kecil

j.     Rumusan Masalah
·      Guru menayangkan kembali tujuan pembelajaran.
·      Guru meminta siswa untuk merumuskan masalah bersadarkan pencatatan dana kas kecil.
k.   Pengajuan Hipotesis
·      Berdasarkan rumusan masalah, guru meminta siswa merumuskan hipotesis dalam bentuk opini terhadap permasalahan yang telah dirumuskan.
l.      Pengumpulan Data
·      Siswa mendiskusikan jurnal  pencatatan laporan keuangan kas kecil.
m. Analisis Data
·      Siswa mengidentifikasi berbagai jenis laporan pencatatan kas kecil
n.   Penyusunan Kesimpulan:
·      Siswa diminta menuliskan kesimpulan dari hasil analisis data
70


9.     Renungkan
·      Siswa secara berkelompok menuliskan garis besar langkah-langkah kegiatan pembelajaran dana kas kecl.
10. Pikirkan
·      Guru menayangkan kembali tujuan pembelajaran.
·      Siswa menyimpulkan dari konsep atau subkonsep yang disusun atas dasar data pengamatan ataupun butir-butir pikiran pada bagian renungkan dikaitkan  dengan tujuan pembelajaran.
11. Evaluasi
·       Siswa mempresentasikan hasil kegiatan pada tahap pikirkan.
12. Arahan
·      Guru menugaskan siswa untuk mencari tau dari orang tua/kakak/kerabat yang mengenai dana kas kecil

3
Penutup
6.      Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
7.      Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
8.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
9.         Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah diberikan pada tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang “Pencatatan kas kecil dengan metode fuctuation fund system
10.  Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
10

H.  Penilaian
1.    Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.         Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)        Tes tulis bentuk uraian beserta pedoman pensekoran (Penilaian  kompetensi pengetahuan) (Lampiran 1).
b.         Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1)        Observasi untuk penilaian perilaku ilmiah beserta pedoman pensekoran (Lampiran 2).
2)        Penilaian diri menggunakan inventori metakognisi (MAI) untuk penilaian metakognisi beserta pedoman penskoran (Lampiran 3).


                                


Mengetahui :                                                               Medan,    Juli  2013
Kepala Sekolah SMK YWKA Medan                       Guru Mata Pelajaran

RITA ANDRIANI SITORUS,S.Sos                                   SRIANI PURWANINGSIH




































Lampiran 1
Kompetensi yang akan dinilai          : pengetahuan
Bentuk Penilaian                                 : Tes Tulis
Satuan Pendidikan                              : SMK SWASTA RAHMAT ISLAMIYAH
Mata Pelajaran                                    : Akuntansi keuangan
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran         : X/ Ganjil/ 2014/2015
Kompetensi Dasar                               :
3.2. Menjelaskanpencatatanpembentukankaskeci, pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanatidak tetap.

Standar Kompetensi Luluasn/SKL:
Sikap
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya , dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Pengetahuan      Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta  dampak fenomena dan kejadian.
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

Kompetensi Inti (KI)
KI 1:        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3:        Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4:        Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar dan Indikator

3.1.       Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil, pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanatidak tetap.

Materi Pokok:
1)         Materi Fakta
Mengambil catatan keuangan perusahaan dari warnet
2)         Materi Konsep
Dalam metode dana tidak tetap,pemkaian kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam bentuk jurnal formal sehingga buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar pencatatan dalam buku besar. Dana kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang tetap, sehingga jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah di keluarkan oleh karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak perlu di buat jurnal penyesuaian terhadap saldo akun kas kecil pada akhir priode.
Perbedaan pencatatan dan saldo antara sistem dana tetap dan dana tiak tetap adalah sebagai berikut:
a.    Pada sistem dana tidak tetap saldo kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan dana.pengeluaran dari dana kas ini akan langsung dikeluarkan dari kas bank.
b.    Pada sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan dan pengisian kembali pengeluaran dana kas ini langsung megurangi saldonya.
Contoh metode sistem fluktuasi. PD Aneka Jaya menyelenggarakan kas kecil untuk pengeluaran-pengeluaran kecil. Kas tersebut mulai dibuka pada tanggal 1 Desember 2010 dengan menerima uang sebanyak Rp. 3.000.000,00 dari kas. Untuk selanjutnya kas kecil diisi setiap tanggal 15 dan 30. Ttransksi yang berhubungan dengan kas kecil selama bulan Desember 2010 adalah sebagai berikut.
2 Desember 2010          Dibeli materai Rp 320.000,00 (suplai kantor)
7 Desember 2010          Dibayar rekening listrik Rp 340.000,00 dan air Rp 220.000,00
12 Desember 2010        Dibayar biaya iklan pada harian kompas Rp 200.000,00
14 Desember 2010    Dana kas kecil dianggap terlalu besar, maka Rp 500.000,00 disetor kembali kekas kecil
15 Desember 2010         Dana kas kecil diisi kembali
18 Desember 2010         Dibayar biaya angkut pemeblian Rp 225.000,00
22 Desember 2010         Dibayar biaya tepon Rp 400.000,00
26 Desember 2010         Dibeli perlengkapan kantor Rp 725.000,00
28 Desember 2010      Dibayar untuk pengobatan karyawan yang sakit Rp 175.000,00 biaya rupa-rupa)
30 Desember 2010        Dibayar biaya angkut bayar Rp 130.000,00
30 Desember 2010        Dana kas kecil diisi kembali
Diminta : Buatlah transaksi diatas dengan menggunakan metode dana tidak tetap
Jawab:
Tgl
Uraian
Debet
Kredit
2010
1
Kas Kecil
                 Kas
Rp 3.000.000,00

Rp 3.000.000,00

2

Perlengkapan kantor
                 Kas kecil
Rp    320.000,00

Rp    320.000,00

7

Biaya listrik
Biaya air
                  Kas kecil
Rp    340.000,00
Rp    220.000,00


RP    560.000,00

12

Biaya iklan
                 Kas kecil
Rp    200.000,00

Rp     200.000,00

14

Kas
              Kas kecil
Rp 500.000,00

Rp 500.000,00

15

Kas kecil
               Kas
Rp 1.080.000,00


Rp 1.080.000,00

18

Biaya angkut barang
                Kas kecil
Rp    225.000,00

Rp    225.000,00

22

Biaya telpon 
                Kas kecil
Rp    400.000,00

Rp    400.000,00

26

Perlengkapan kantor
                Kas kecil
Rp    725000,00

Rp    725.000,00

30

Biaya angkut barang
                 Kas kecil
Rp    130.000,00

Rp    130.000,00

30

Kas kecil
                  Kas
Rp 1.655.000,00

Rp 1.655.000,00


3)             Materi Prinsip
Mengurai sistem pencatatan kas kecil
      Meguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana tidak tetap

4)             Pro­sedur
Analisisisimateri/topikdarikas kecil.
Indikator:
1.      Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi:
2.      Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana tetap dan dana berfluktuasi





Tabel Kisi-Kisi Soal untuk Mengukur Keteramilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif


No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Dimensi Kognitif
1
31.    Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil, pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdana tidaktetap.


Materi Fakta
1) Materi Fakta
Mengambil catatan keuangan perusahaan dari warnet

2) Materi Konsep
Dalam metode dana tidak tetap,pemkaian kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam bentuk jurnal formal sehingga buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar pencatatan dalam buku besar. Dana kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang tetap, sehingga jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah di keluarkan oleh karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak perlu di buat jurnal penyesuaian terhadap saldo akun kas kecil pada akhir priode.
Perbedaan pencatatan dan saldo antara sistem dana tetap dan dana tiak tetap adalah sebagai berikut:
a.    Pada sistem dana teap, slado kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan dana.
b.   Pada sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan dan pengisian kembali
3) Materi Prinsip
Mengurai sistem pencatatan kas kecil
Meguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana tidak tetap

4) Pro­sedur
Analisisisimateri/topikdarikas kecil.




1.    Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana berfluktuasi:
2.     Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana tetap dan dana berfluktuasi


C2
(Pemahaman)


C1
(Pengetahuan)












Soal Esai
Petunjuk Pengerjaan Soal
a.        Tuliskan identitas Anda pada bagian yang telah disediakan.
b.        Kerjakan pada lembar kertas yang telah disediakan.
c.         Kerjakan soal secara berurutan.
d.        Jawablah soal berikut dengan singkat dan jelas!

Soal
(susunlah sesuai kisi-kisi)





































Lampiran 2
Kompetensi yang dinilai                     :Penilaian Sikap (Observasi)
Satuan Pendidikan                              : SMK SWASTA RAHMAT ISLAMIYAH
Mata Pelajaran                                    : Akuntansi Keuangan
Kelas/Semester /Tahun Pelajaran        : X/Ganjil /2014/2015
Kompetensi Dasar                               :
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong)  dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi internal dalam pembelajaran akuntansi

Indikator                                             :
1.    Peserta didik dapat menunjukkan perilaku ujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2.    Peserta didik dapat menunjukkan perilaku  disiplin dalam mengerjakan tugas
3.    Peserta didik dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4.    Peserta didik dapat menunjukkan perilaku peduli lingkungan selama pembelajaran.
5.    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan bekerja sama

Format Lembar Pengamatan Perilaku Ilmiah Peserta Didik
Nama Peserta Didik                            :
Nomor Absen                                      :
Materi saat diobservasi                       :
Tanggal Observasi                               :
No.
Sikap

Kriteria
Hasil Pengamatan
Ya
Tidak
1
Jujur
1.    Melaporkan data sesuai dengan kenyataan/sesuai dengan apa yang diamati.
2.    Menyampaikan pendapat disertai data konkret/data yang diamati.


2
Disiplin
1.    Mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditetapkan.
2.    Mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu.


3
Tanggung jawab
1.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
2.    Menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.


4
Peduli lingkungan
1.    Membersihkan meja dan kursi yang ditempatinya/meja dan kursi yang ditempati dalam keadaan bersih/ rapi.
2.    Menata/menempatkan kembali alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya dengan rapi atau menempatkan kembali pada tempat semula.


5
Kerjasama
1.    Menghargai pendapat teman
2.    Mengambil bagian dalam kerja kelompok


Skor maksimum


Catatan:
Nilai = Skor  perolehan x 100%
                               10























Lampiran 3
Format Lembar Penilaian Metakognisi Peserta Didik
Nama Peserta Didik                            :
Nomor Absen                                      :
Materi saat menilai metakognisi          :
Tanggal Observasi                               :

PetunjukPengisian                               :
Berilahtandasilang (x) padapilihanjawaban yang kaliananggapsesuaidengankeadaansebenarnya
Pilihan :           Selalu (SL)                  : 100%
SangatSering (SS)       : > 70 % - 100%
Sering (SR)                 : > 50 % - 70%
Jarang (JR)                  : > 30 % - 50 %
SangatJarang (SJ)        : > 0% - 30%
Tidak Pernah (TP)       : 0%
No
PERNYATAAN
SL
SS
SR
 JR
SJ
TP
1
Secara teratur saya bertanya kepada diri sendiri ketika sedang berupaya mencapai suatu tujuan






2
Saya mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum saya menyelesaikan sebuah permasalahan






3
Saya mencoba menggunakan cara-cara yang pernah saya pakai sebelumnya






4
Saya terus menerus mengatur diri selama belajar agar memiliki waktu yang cukup






5
Saya memahami kekuatan dan kelemahan kecerdasan saya






6
Saya berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu saya pelajari, sebelum melakukan suatu tugas






 7
Saya menyadari bagaimana baiknya saya menyelesaikan suatu tes






8
Saya menyusun tujuan-tujuan khusus sebelum saya mengerjakan suatu tugas






9
Saya bertindak perlahan-lahan dan hati-hati bilamana menjumpai informasi penting






10
Saya mengetahui macam informasi apa yang paling penting untuk dipelajari






11
Saya bertanya kepada diri sendiri ketika mempertimbangkan seluruh pilihan untuk memecahakan suatu masalah






12
Saya terampil/mahir menyusun dan merangkai informasi






13
Saya secara sadar memusatkan perhatian kepada informasi yang penting






14
 Untuk setiap cara yang saya gunakan, sa mempunyai maksud tertentu






15
Saya belajar paling baik ketika saya mengetahui topik itu






16
Saya mengetahui apa yang diharapkan guru untuk saya pelajari






17
Saya mudah mengingat informasi






18
Saya menggunakan cara belajar yang berbeda-beda tergantung pada situasi






19
Setelah saya menyelesaikan suatu tugas, saya bertanya kepada diri sediri apakah ada cara yang lebih mudah






20
Saya memiliki kontrol terhadap seberapa baiknya saya belajar






21
Secara teratur saya melakukan peninjauan kembali untuk menolong saya memahami hubungan-hubungan penting






22
Sebelum memulai sesuatu, saya bertanya kepada diri sendiri tentang hal-hal terkait






23
Saya mempertimbangkan berbagai cara untuk memcahkan suatu masalah sebelum ahirnya memutuskan salah satu diantaranya






24
Setiap kali selesai belajar, saya membuat rangkuman






25
Saya menanyakan orang lain bilamana saya tidak memahami sesuatu






26
Saya dapat memotivasi diri untuk belajar bilamana diperlukan






27
Saya menyadari cara apa yang digunakan ketika saya belajar






28
Saya biasa memikirkan manfaat cara-cara belajar yang saya pakai






29
Saya memanfaatkan kekuatan kecerdasan saya untuk menutupi kekurangan saya






30
Saya memusatkan perhatian terhadap arti dan manfaat dari informasi yang baru






31
Saya menemukan contoh-contoh sendiri sehingga informasi menjadi lebih bermakna atau jelas






32
Saya tergolong adil menilai diri sendiri tentang seberapa baiknya saya memahami sesuatu






33
Secara otomatis saya sadarmenggunakan cara belajar yang berguna






34
Secara teratur saya istirahat sebentar untuk mengatur pemahaman saya






35
Saya menyadari/mengetahui bahwa setiap cara yang saya gunakan adalah yang paling efektif atau tepat






36
Saya bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas






37
Saya membuat gambar atau bagan untuk mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas






38
Saya bertanya kepada diri sendiri apakah saya telah mempertimbangkan semua pilihan setiap kali saya menyelesaikan suatu masalah






39
Saya berusaha memahami informasi baru dengan kata-kata saya sendiri






40
Saya mengubah cara jika saya gagalmemahami






41
Saya menggunakan urutan topik atau materi dari buku/teks untuk membantu saya belajar






42
Saya membaca petunjuk secara teliti sebelum memulai melakukan suatu tugas






43
Saya bertanya kepada diri sediri apakah hal yang sedang dibaca berhubungan dengan apa yang telah saya ketahui






44
Saya memikirkan kembali anggapan saya ketika saya bingung






45
Saya mengatur waktu saya untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya






46
Saya lebih banyak belajar jika saya tertarik/senang dengan topik






47
Saya berupaya membagi kegiatan belajar saya menjadi langkah-langkah yang lebih kecil






48
Saya lebih memperhatikan makna umum dari pada makna khusus






49
Saya bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya bekerja, pada waktu mempelajari sesuatu hal yang baru






50
Saya bertanya kepada diri sendiri apakah saya belajar sebanyak yang saya mampu, setiap kali saya menyelesaikan suatu tugas






51
Saya melupakan informasi baru yang tidak jelas.






52
Saya berhenti dan selanjutnya saya membaca kembali jika saya bingung































Tidak ada komentar:

Posting Komentar