RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK NUR AZIZI
Mata
pelajaran :
Akuntansi
Kelas/Semester
:
X/Ganjil
Materi Pokok :Akuntansi kas kecil Metode
dana tetap
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
2.1.
Memiliki
motivasi internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan
memahami pengetahuan dasar tentang komputer akuntansi.
2.2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, responsif dan
pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial sesuai
dengan prinsip etika profesi bidang komputer akuntansi.
2.3.
Menghargai
kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam
menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
3.2. Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil,
pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanaberfluktuasi.
INDIKATOR
1.
Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana
berfluktuasi:
·
Pembentukan kas kecil
·
Pembayaran dengan kas kecil
·
Pengisian kembali kas kecil
4.2. Mencatat pembentukan kas
kecil pembayaran dengan menggunakan kas kecil dan pengisian kas kecil dengan
sistem dana fluktuasi
INDIKATOR
1.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana
tetap dan dana berfluktuasi
|
C.
Tujiuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran melalui tahapan inkuiri: menyajikan fenomena, observasi,
merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data,
dan menyusun kesimpulan peserta didik dapat:
1.
Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana
berfluktuasi:
·
Pembentukan kas kecil
·
Pembayaran dengan kas kecil
·
Pengisian kembali kas kecil
2.
Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana
tetap dan dana berfluktuasi
D. Materi Pembelajaran
1)
Materi Fakta
Mengambil
catatan keuangan perusahaan dari warnet
2)
Materi Konsep
Dalam metode dana tidak tetap,pemkaian
kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam bentuk jurnal formal sehingga
buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar pencatatan dalam buku besar. Dana
kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang tetap, sehingga jumlah pengganti
dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah di keluarkan oleh
karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak perlu di buat jurnal penyesuaian
terhadap saldo akun kas kecil pada akhir priode.
Perbedaan pencatatan dan saldo antara
sistem dana tetap dan dana tidak tetap adalah sebagai berikut:
a. Pada
sistem dana tidak tetap saldo kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan
dana.pengeluaran dari dana kas ini akan langsung dikeluarkan dari kas bank.
b. Pada
sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan
dan pengisian kembali pengeluaran dana kas ini langsung megurangi saldonya.
Contoh metode sistem
fluktuasi. PD Aneka Jaya menyelenggarakan kas kecil untuk
pengeluaran-pengeluaran kecil. Kas tersebut mulai dibuka pada tanggal 1
Desember 2010 dengan menerima uang sebanyak Rp. 3.000.000,00 dari kas. Untuk
selanjutnya kas kecil diisi setiap tanggal 15 dan 30. Ttransksi yang
berhubungan dengan kas kecil selama bulan Desember 2010 adalah sebagai berikut.
2 Desember 2010 Dibeli
materai Rp 320.000,00 (suplai kantor)
7 Desember 2010 Dibayar
rekening listrik Rp 340.000,00 dan air Rp 220.000,00
12 Desember 2010 Dibayar biaya
iklan pada harian kompas Rp 200.000,00
14 Desember 2010
Dana kas kecil dianggap terlalu besar, maka Rp 500.000,00 disetor
kembali kekas kecil
15 Desember 2010 Dana kas
kecil diisi kembali
18 Desember 2010 Dibayar
biaya angkut pemeblian Rp 225.000,00
22 Desember 2010 Dibayar
biaya tepon Rp 400.000,00
26 Desember 2010 Dibeli
perlengkapan kantor Rp 725.000,00
28 Desember 2010 Dibayar untuk pengobatan karyawan yang
sakit Rp 175.000,00 biaya rupa-rupa)
30 Desember 2010 Dibayar biaya
angkut bayar Rp 130.000,00
30 Desember 2010 Dana kas
kecil diisi kembali
Diminta : Buatlah transaksi diatas dengan menggunakan metode dana tidak tetap
Jawab:
Tgl
|
Uraian
|
Debet
|
Kredit
|
|
2010
|
1
|
Kas Kecil
Kas
|
Rp 3.000.000,00
|
Rp 3.000.000,00
|
2
|
Perlengkapan kantor
Kas kecil
|
Rp
320.000,00
|
Rp
320.000,00
|
|
7
|
Biaya listrik
Biaya air
Kas kecil
|
Rp
340.000,00
Rp 220.000,00
|
RP
560.000,00
|
|
12
|
Biaya iklan
Kas kecil
|
Rp
200.000,00
|
Rp
200.000,00
|
|
14
|
Kas
Kas kecil
|
Rp 500.000,00
|
Rp 500.000,00
|
|
15
|
Kas kecil
Kas
|
Rp 1.080.000,00
|
Rp 1.080.000,00
|
|
18
|
Biaya angkut barang
Kas kecil
|
Rp
225.000,00
|
Rp 225.000,00
|
|
22
|
Biaya telpon
Kas kecil
|
Rp
400.000,00
|
Rp 400.000,00
|
|
26
|
Perlengkapan kantor
Kas kecil
|
Rp
725000,00
|
Rp
725.000,00
|
|
30
|
Biaya angkut barang
Kas kecil
|
Rp
130.000,00
|
Rp 130.000,00
|
|
30
|
Kas kecil
Kas
|
Rp 1.655.000,00
|
Rp 1.655.000,00
|
3)
Materi Prinsip
• Mengurai sistem pencatatan kas kecil
• Meguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana
tidak tetap
4)
Prosedur
• Analisisisimateri/topikdarikas kecil.
a. Model Pembelajaran: Inkuiri+PBMP
b. Metode Pembelajaran: Demonstrasi, diskusi, kerja
kelompok, dan tugas.
E. Model dan Metode
Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran: Inkuiri+PBMP
b.
Metode Pembelajaran: Demonstrasi, diskusi, kerja kelompok, dan tugas.
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
LKS
b.
Power point
2.
Alat/Bahan:
a.
lapotop
b.
LCD
3.
Sumber Belajar:
a.
Drs. Hendi Soemantri. 2007. Akuntansi
keuangan. Bandung: Penerbit Armico.
b.
Dwi Harti. 2008. Modul Akuntansi 1 A
untuk SMK dan MAK. Jakarta: Penerbit Erlangga.
G.
Kegiatan
Pembelajaran:
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberi salam, selanjutnya menanyakan
kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari
ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam
pembelajaran hari ini?
2. Guru
meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar
meja dan kursi tempat duduknya.
3. Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari.
4. Siswa
diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas kas kecil.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai.
6. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada
pertemuan ini.
|
10
|
2
|
Inti
|
1.
Menyajikan
Fenomena
·
Guru menyampaikan isi
materi dengan judul “Akuntansikaskecilsistemdanatidak tetap”.
2.
Lakukan
a.
Sediakan
·
Siswa menyiapkan
pencatatan laporan keuangan perusahaan yang telah diberikan guru sehari
sebelumnya.
b.
Observasi
·
Guru meminta siswa
mencermati ulang pencatatan laporan keuangan kas kecil
c.
Rumusan
Masalah
· Guru
menanyakan kembali tujuan pembelajaran.
· Guru
meminta siswa untuk merumuskan masalah bersadarkan pencatatan dana kas kecil.
d.
Pengajuan
Hipotesis
· Berdasarkan
rumusan masalah, guru meminta siswa merumuskan hipotesis dalam bentuk opini
terhadap permasalahan yang telah dirumuskan.
e.
Pengumpulan
Data
· Siswa
mendiskusikan jurnal pencatatan
laporan keuangan kas kecil.
f.
Analisis
Data
· Siswa
mengidentifikasi berbagai jenis laporan pencatatan kas kecil
g.
Penyusunan
Kesimpulan:
·
Siswa diminta
menuliskan kesimpulan dari hasil analisis data
|
70
|
3.
Renungkan
·
Siswa secara
berkelompok menuliskan garis besar langkah-langkah kegiatan pembelajaran dana
kas kecl.
4.
Pikirkan
·
Guru menayangkan
kembali tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimpulkan dari konsep atau subkonsep
yang disusun atas
dasar data pengamatan ataupun butir-butir pikiran pada bagian renungkan dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.
5.
Evaluasi
· Siswa
mempresentasikan hasil kegiatan pada tahap pikirkan.
6.
Arahan
·
Guru menugaskan siswa
untuk mencari tau dari orang tua/kakak/kerabat yang mengenai dana kas kecil
|
|||
3
|
Penutup
|
1. Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
2. Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
3. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah diberikan pada
tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya, yaitu tentang “Pencatatn
kas kecil dengan metode fuctuation fund system”
5. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10
|
H.
Kegiatan
Pembelajaran:
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
7. Guru
memberi salam, selanjutnya menanyakan
kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari
ini? sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam
pembelajaran hari ini?
8. Guru
meminta peserta didik untuk mengecek kebersihan kelas, minimal di sekitar
meja dan kursi tempat duduknya.
9. Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari.
10. Siswa
diberi kesempatan untuk memberikan ulasan singkat tentang tugas kas kecil.
11. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang
akan dicapai.
12. Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas pada
pertemuan ini.
|
10
|
2
|
Inti
|
7.
Menyajikan
Fenomena
·
Guru menyampaikan isi
materi dengan judul “Akuntansikaskecilsistemdanatetap”.
8.
Lakukan
h.
Sediakan
·
Siswa menyiapkan
pencatatan laporan keuangan perusahaan yang telah diberikan guru sehari
sebelumnya.
i.
Observasi
·
Guru meminta siswa
mencermati ulang pencatatan laporan keuangan kas kecil
j.
Rumusan
Masalah
· Guru
menayangkan kembali tujuan pembelajaran.
· Guru
meminta siswa untuk merumuskan masalah bersadarkan pencatatan dana kas kecil.
k.
Pengajuan
Hipotesis
· Berdasarkan
rumusan masalah, guru meminta siswa merumuskan hipotesis dalam bentuk opini
terhadap permasalahan yang telah dirumuskan.
l.
Pengumpulan
Data
· Siswa
mendiskusikan jurnal pencatatan
laporan keuangan kas kecil.
m.
Analisis
Data
· Siswa
mengidentifikasi berbagai jenis laporan pencatatan kas kecil
n.
Penyusunan
Kesimpulan:
·
Siswa diminta
menuliskan kesimpulan dari hasil analisis data
|
70
|
9.
Renungkan
·
Siswa secara
berkelompok menuliskan garis besar langkah-langkah kegiatan pembelajaran dana
kas kecl.
10.
Pikirkan
·
Guru menayangkan
kembali tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimpulkan dari konsep atau subkonsep
yang disusun atas
dasar data pengamatan ataupun butir-butir pikiran pada bagian renungkan dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.
11.
Evaluasi
· Siswa
mempresentasikan hasil kegiatan pada tahap pikirkan.
12.
Arahan
·
Guru menugaskan siswa
untuk mencari tau dari orang tua/kakak/kerabat yang mengenai dana kas kecil
|
|||
3
|
Penutup
|
6. Guru
bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
7. Guru
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
8. Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
9.
Guru merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok (telah diberikan pada
tahap arahan) dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya, yaitu tentang “Pencatatan
kas kecil dengan metode fuctuation fund system”
10. Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10
|
H. Penilaian
1. Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik
Penilaian:
a.
Bentuk Instrumen berupa Tes:
1)
Tes tulis bentuk uraian beserta pedoman pensekoran (Penilaian kompetensi pengetahuan) (Lampiran 1).
b.
Bentuk Instrumen berupa Non Tes:
1)
Observasi untuk penilaian perilaku ilmiah beserta pedoman pensekoran
(Lampiran 2).
2)
Penilaian diri menggunakan inventori metakognisi (MAI) untuk penilaian
metakognisi beserta pedoman penskoran (Lampiran 3).
Mengetahui : Medan,
Juli 2013
Kepala Sekolah SMK YWKA
Medan Guru Mata Pelajaran
RITA ANDRIANI SITORUS,S.Sos SRIANI
PURWANINGSIH
Lampiran 1
Kompetensi yang
akan dinilai : pengetahuan
Bentuk
Penilaian :
Tes Tulis
Satuan
Pendidikan : SMK SWASTA RAHMAT ISLAMIYAH
Mata
Pelajaran : Akuntansi keuangan
Kelas/Semester/Tahun
Pelajaran : X/ Ganjil/ 2014/2015
Kompetensi Dasar :
3.2. Menjelaskanpencatatanpembentukankaskeci,
pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanatidak tetap.
Standar Kompetensi Luluasn/SKL:
Sikap
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya , dan bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
Pengetahuan Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian.
|
|
Keterampilan
|
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret sebagai pengembangan dari
yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
|
Kompetensi Inti (KI)
KI
1: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidangkerja yang spesifik untuk memecahkan
masalah.
KI 4: Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar dan
Indikator
3.1.
Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil,
pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdanatidak tetap.
Materi Pokok:
1)
Materi Fakta
Mengambil catatan keuangan perusahaan
dari warnet
2)
Materi Konsep
Dalam metode
dana tidak tetap,pemkaian kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam
bentuk jurnal formal sehingga buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar
pencatatan dalam buku besar. Dana kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang
tetap, sehingga jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah
yang telah di keluarkan oleh karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak
perlu di buat jurnal penyesuaian terhadap saldo akun kas kecil pada akhir
priode.
Perbedaan
pencatatan dan saldo antara sistem dana tetap dan dana tiak tetap adalah
sebagai berikut:
a. Pada
sistem dana tidak tetap saldo kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan
dana.pengeluaran dari dana kas ini akan langsung dikeluarkan dari kas bank.
b. Pada
sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan
dan pengisian kembali pengeluaran dana kas ini langsung megurangi saldonya.
Contoh metode sistem
fluktuasi. PD Aneka Jaya menyelenggarakan kas kecil untuk
pengeluaran-pengeluaran kecil. Kas tersebut mulai dibuka pada tanggal 1
Desember 2010 dengan menerima uang sebanyak Rp. 3.000.000,00 dari kas. Untuk
selanjutnya kas kecil diisi setiap tanggal 15 dan 30. Ttransksi yang
berhubungan dengan kas kecil selama bulan Desember 2010 adalah sebagai berikut.
2 Desember 2010 Dibeli
materai Rp 320.000,00 (suplai kantor)
7 Desember 2010 Dibayar
rekening listrik Rp 340.000,00 dan air Rp 220.000,00
12 Desember 2010 Dibayar biaya
iklan pada harian kompas Rp 200.000,00
14 Desember 2010
Dana kas kecil dianggap terlalu besar, maka Rp 500.000,00 disetor
kembali kekas kecil
15 Desember 2010 Dana kas
kecil diisi kembali
18 Desember 2010 Dibayar
biaya angkut pemeblian Rp 225.000,00
22 Desember 2010 Dibayar
biaya tepon Rp 400.000,00
26 Desember 2010 Dibeli
perlengkapan kantor Rp 725.000,00
28 Desember 2010 Dibayar untuk pengobatan karyawan yang
sakit Rp 175.000,00 biaya rupa-rupa)
30 Desember 2010 Dibayar biaya
angkut bayar Rp 130.000,00
30 Desember 2010 Dana kas
kecil diisi kembali
Diminta : Buatlah transaksi diatas dengan menggunakan metode dana tidak tetap
Jawab:
Tgl
|
Uraian
|
Debet
|
Kredit
|
|
2010
|
1
|
Kas Kecil
Kas
|
Rp 3.000.000,00
|
Rp 3.000.000,00
|
2
|
Perlengkapan kantor
Kas kecil
|
Rp
320.000,00
|
Rp
320.000,00
|
|
7
|
Biaya listrik
Biaya air
Kas kecil
|
Rp
340.000,00
Rp
220.000,00
|
RP
560.000,00
|
|
12
|
Biaya iklan
Kas kecil
|
Rp 200.000,00
|
Rp
200.000,00
|
|
14
|
Kas
Kas kecil
|
Rp 500.000,00
|
Rp 500.000,00
|
|
15
|
Kas kecil
Kas
|
Rp 1.080.000,00
|
Rp 1.080.000,00
|
|
18
|
Biaya angkut barang
Kas kecil
|
Rp
225.000,00
|
Rp
225.000,00
|
|
22
|
Biaya telpon
Kas kecil
|
Rp
400.000,00
|
Rp
400.000,00
|
|
26
|
Perlengkapan kantor
Kas kecil
|
Rp
725000,00
|
Rp
725.000,00
|
|
30
|
Biaya angkut barang
Kas kecil
|
Rp
130.000,00
|
Rp
130.000,00
|
|
30
|
Kas kecil
Kas
|
Rp 1.655.000,00
|
Rp 1.655.000,00
|
3)
Materi Prinsip
• Mengurai sistem pencatatan kas kecil
• Meguraikan pencatatan kas kecil dengan sistem dana
tidak tetap
4)
Prosedur
Analisisisimateri/topikdarikas kecil.
Indikator:
1.
Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil
dengan sistem dana berfluktuasi:
2. Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana
tetap dan dana berfluktuasi
Tabel Kisi-Kisi Soal untuk Mengukur
Keteramilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Dimensi
Kognitif
|
1
|
31.
Menjelaskanpencatatanpembentukankaskecil,
pembayarandenganmenggunakankaskecildanpengisiankaskecildengansistemdana tidaktetap.
|
Materi
Fakta
1) Materi Fakta
Mengambil catatan keuangan perusahaan dari warnet
2) Materi Konsep
Dalam metode dana tidak
tetap,pemkaian kas kecil oleh kasir kas kecil di dicatata dalam bentuk jurnal
formal sehingga buku kas kecl dapat di gunakan sebagai dasar pencatatan dalam
buku besar. Dana kas kecil tidak ditrntukan dalam jumlah yang tetap, sehingga
jumlah pengganti dana kas kecil tidak harus sama dengan jumlah yang telah di
keluarkan oleh karena itu dalam metode dana tidak tetap tidak perlu di buat
jurnal penyesuaian terhadap saldo akun kas kecil pada akhir priode.
Perbedaan pencatatan dan saldo antara sistem dana
tetap dan dana tiak tetap adalah sebagai berikut:
a. Pada
sistem dana teap, slado kas kecil tetap kecuali jika ada penambahan dana.
b. Pada
sistem dana tidak tetap saldo kas kecil berubah-ubah sesuai dengan penggunaan
dan pengisian kembali
3) Materi Prinsip
•
Mengurai sistem pencatatan kas kecil
• Meguraikan
pencatatan kas kecil dengan sistem dana tidak tetap
4) Prosedur
Analisisisimateri/topikdarikas kecil.
|
1.
Siswa dapat menguraikan pencatatan kas kecil dengan
sistem dana berfluktuasi:
2. Siswa dapat menjelaskan perbedaan sistem pencatatan kas kecil dana
tetap dan dana berfluktuasi
|
C2
(Pemahaman)
C1
(Pengetahuan)
|
Soal Esai
Petunjuk Pengerjaan Soal
a.
Tuliskan
identitas Anda pada bagian yang telah disediakan.
b.
Kerjakan
pada lembar kertas yang telah disediakan.
c.
Kerjakan
soal secara berurutan.
d.
Jawablah
soal berikut dengan singkat dan jelas!
Soal
(susunlah sesuai kisi-kisi)
Lampiran 2
Kompetensi
yang dinilai :Penilaian
Sikap (Observasi)
Satuan
Pendidikan : SMK SWASTA RAHMAT ISLAMIYAH
Mata
Pelajaran :
Akuntansi Keuangan
Kelas/Semester /Tahun Pelajaran : X/Ganjil /2014/2015
Kompetensi
Dasar :
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (jujur , disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong) dalam melakukan pembelajaran sehingga menjadi motivasi
internal dalam pembelajaran akuntansi
Indikator
:
1.
Peserta didik dapat menunjukkan perilaku
ujur dalam melaporkan hasil pengamatan
2.
Peserta didik dapat
menunjukkan perilaku disiplin dalam
mengerjakan tugas
3.
Peserta didik dapat
menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4.
Peserta didik dapat
menunjukkan perilaku peduli lingkungan selama pembelajaran.
5.
Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan
bekerja sama
Format
Lembar Pengamatan Perilaku Ilmiah Peserta Didik
Nama
Peserta Didik :
Nomor
Absen :
Materi
saat diobservasi :
Tanggal
Observasi :
No.
|
Sikap
|
Kriteria
|
Hasil
Pengamatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Jujur
|
1.
Melaporkan data
sesuai dengan kenyataan/sesuai dengan apa yang diamati.
2.
Menyampaikan pendapat
disertai data konkret/data yang diamati.
|
||
2
|
Disiplin
|
1.
Mengerjakan tugas
sesuai waktu yang ditetapkan.
2.
Mengumpulkan hasil
pekerjaan tepat waktu.
|
||
3
|
Tanggung jawab
|
1.
Melaksanakan tugas
yang diberikan oleh guru.
2.
Menyelesaikan
pekerjaan sampai tuntas.
|
||
4
|
Peduli lingkungan
|
1. Membersihkan
meja dan kursi yang ditempatinya/meja dan kursi yang ditempati dalam keadaan
bersih/ rapi.
2. Menata/menempatkan
kembali alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya dengan rapi atau menempatkan
kembali pada tempat semula.
|
||
5
|
Kerjasama
|
1. Menghargai
pendapat teman
2.
Mengambil bagian
dalam kerja kelompok
|
||
Skor maksimum
|
Catatan:
Nilai
= Skor perolehan x 100%
10
Lampiran 3
Format
Lembar Penilaian Metakognisi Peserta Didik
Nama
Peserta Didik :
Nomor
Absen :
Materi
saat menilai metakognisi :
Tanggal
Observasi :
PetunjukPengisian :
Berilahtandasilang (x) padapilihanjawaban yang
kaliananggapsesuaidengankeadaansebenarnya
Pilihan : Selalu (SL) : 100%
SangatSering (SS) : > 70 % -
100%
Sering (SR) : > 50
% - 70%
Jarang (JR) : > 30
% - 50 %
SangatJarang (SJ) : > 0% -
30%
Tidak Pernah
(TP) : 0%
No
|
PERNYATAAN
|
SL
|
SS
|
SR
|
JR
|
SJ
|
TP
|
1
|
Secara
teratur saya bertanya kepada diri sendiri ketika sedang berupaya mencapai
suatu tujuan
|
||||||
2
|
Saya
mempertimbangkan berbagai pilihan sebelum saya menyelesaikan sebuah
permasalahan
|
||||||
3
|
Saya
mencoba menggunakan cara-cara yang pernah saya pakai sebelumnya
|
||||||
4
|
Saya
terus menerus mengatur diri selama belajar agar memiliki waktu yang cukup
|
||||||
5
|
Saya memahami kekuatan dan kelemahan kecerdasan saya
|
||||||
6
|
Saya
berpikir tentang apa yang sebenarnya perlu saya pelajari, sebelum melakukan
suatu tugas
|
||||||
7
|
Saya
menyadari bagaimana baiknya saya menyelesaikan suatu tes
|
||||||
8
|
Saya
menyusun tujuan-tujuan khusus sebelum saya mengerjakan suatu tugas
|
||||||
9
|
Saya
bertindak perlahan-lahan dan hati-hati bilamana menjumpai informasi penting
|
||||||
10
|
Saya
mengetahui macam informasi apa yang paling penting untuk dipelajari
|
||||||
11
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri ketika mempertimbangkan seluruh pilihan untuk
memecahakan suatu masalah
|
||||||
12
|
Saya
terampil/mahir menyusun dan merangkai informasi
|
||||||
13
|
Saya
secara sadar memusatkan perhatian kepada informasi yang penting
|
||||||
14
|
Untuk setiap cara yang saya gunakan, sa
mempunyai maksud tertentu
|
||||||
15
|
Saya
belajar paling baik ketika saya mengetahui topik itu
|
||||||
16
|
Saya
mengetahui apa yang diharapkan guru untuk saya pelajari
|
||||||
17
|
Saya
mudah mengingat informasi
|
||||||
18
|
Saya
menggunakan cara belajar yang berbeda-beda tergantung pada situasi
|
||||||
19
|
Setelah
saya menyelesaikan suatu tugas, saya bertanya kepada diri sediri apakah ada
cara yang lebih mudah
|
||||||
20
|
Saya
memiliki kontrol terhadap seberapa baiknya saya belajar
|
||||||
21
|
Secara
teratur saya melakukan peninjauan kembali untuk menolong saya memahami
hubungan-hubungan penting
|
||||||
22
|
Sebelum
memulai sesuatu, saya bertanya kepada diri sendiri tentang hal-hal terkait
|
||||||
23
|
Saya
mempertimbangkan berbagai cara untuk memcahkan suatu masalah sebelum ahirnya
memutuskan salah satu diantaranya
|
||||||
24
|
Setiap kali selesai belajar, saya membuat rangkuman
|
||||||
25
|
Saya
menanyakan orang lain bilamana saya tidak memahami sesuatu
|
||||||
26
|
Saya
dapat memotivasi diri untuk belajar bilamana diperlukan
|
||||||
27
|
Saya menyadari cara apa yang digunakan ketika saya
belajar
|
||||||
28
|
Saya
biasa memikirkan manfaat cara-cara belajar yang saya pakai
|
||||||
29
|
Saya
memanfaatkan kekuatan kecerdasan saya untuk menutupi kekurangan saya
|
||||||
30
|
Saya memusatkan perhatian terhadap arti dan manfaat
dari informasi yang baru
|
||||||
31
|
Saya
menemukan contoh-contoh sendiri sehingga informasi menjadi lebih bermakna
atau jelas
|
||||||
32
|
Saya
tergolong adil menilai diri sendiri tentang seberapa baiknya saya memahami
sesuatu
|
||||||
33
|
Secara otomatis saya sadarmenggunakan cara belajar yang
berguna
|
||||||
34
|
Secara
teratur saya istirahat sebentar untuk mengatur pemahaman saya
|
||||||
35
|
Saya
menyadari/mengetahui bahwa setiap cara yang saya gunakan adalah yang paling
efektif atau tepat
|
||||||
36
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya mencapai tujuan
setelah menyelesaikan tugas
|
||||||
37
|
Saya
membuat gambar atau bagan untuk mencapai tujuan setelah menyelesaikan tugas
|
||||||
38
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri apakah saya telah mempertimbangkan semua pilihan
setiap kali saya menyelesaikan suatu masalah
|
||||||
39
|
Saya
berusaha memahami informasi baru dengan kata-kata saya sendiri
|
||||||
40
|
Saya mengubah cara jika saya gagalmemahami
|
||||||
41
|
Saya
menggunakan urutan topik atau materi dari buku/teks untuk membantu saya
belajar
|
||||||
42
|
Saya
membaca petunjuk secara teliti sebelum memulai melakukan suatu tugas
|
||||||
43
|
Saya
bertanya kepada diri sediri apakah hal yang sedang dibaca berhubungan dengan
apa yang telah saya ketahui
|
||||||
44
|
Saya
memikirkan kembali anggapan saya ketika saya bingung
|
||||||
45
|
Saya
mengatur waktu saya untuk mencapai tujuan sebaik-baiknya
|
||||||
46
|
Saya
lebih banyak belajar jika saya tertarik/senang dengan topik
|
||||||
47
|
Saya
berupaya membagi kegiatan belajar saya menjadi langkah-langkah yang lebih
kecil
|
||||||
48
|
Saya
lebih memperhatikan makna umum dari pada makna khusus
|
||||||
49
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri tentang seberapa baik saya bekerja, pada waktu
mempelajari sesuatu hal yang baru
|
||||||
50
|
Saya
bertanya kepada diri sendiri apakah saya belajar sebanyak yang saya mampu,
setiap kali saya menyelesaikan suatu tugas
|
||||||
51
|
Saya
melupakan informasi baru yang tidak jelas.
|
||||||
52
|
Saya
berhenti dan selanjutnya saya membaca kembali jika saya bingung
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar